Page

Sabtu, 31 Januari 2015

makalah kewirausahaan Mindset Entrepreneurship





irwandiMAKALAH KEWIRAUSAHAAN

Mindset Entrepreneurship


BAB I
PENDAHULUAN

Status mahasiswa bukanlah penghalang untuk memperoleh kemapanan finansial setara pegawai atau staf perusahaan. Justru di tengah krisis global dan ketidakpastian lapangan kerja yang ditawarkan saat ini, mahasiswa dituntut untuk lebih siap menghadapi berbagai resiko di lapangan bahkan yang terburuk menjadi pengangguran.
Namun sayangnya, hanya sebagian kecil mahasiswa yang mau merealisasikan mimpi dan membuka peluang bisnisnya sendiri. Tidak heran, hal ini terjadi karena kebanyakan mahasiswa terbiasa menggantungkan urusan finansial kepada orangtuanya.
Meski akan menyita waktu dan memerlukan perjuangan yang lebih, bekerja saat kuliah akan memberikan banyak manfaat. Selain menambah penghasilan, mahasiswa juga mendapatkan pengalaman yang berharga, memperluas pergaulan, dan menumbuhkan rasa kemandirian.
Telah disinggung diatas bahwa terdapat kalangan mahasiswa yang mampu membuka peluang usaha/bisnis. Usaha disini tidak secara sempit diartikan sebagai pengelolaan bisnis dengan modal besar. Bisnis bisa dirintis dengan cara yang paling simpel, mulai dari menjadi reseller kue, penerjemah, membuka tempat les, bahkan memasarkan produk MLM. Poin utamanya adalah mahasiswa mau berusaha dan meluangkan waktu lebih untuk suatu pekerjaan. Maka, salah satu jenis pekerjaan yang banyak dipilih mahasiswa adalah menjadi entrepreneur.
Ketika mendengar kata Entrepreneur, umumnya orang akan berpikir tentang pengusaha, bisnis, uang, dsb. Padahal pada dasarnya, entrepreneurship tidak selalu berhubungan dengan uang. Entrepreneurship adalah sebuah mindset atau pola pikir yang seharusnya dimiliki oleh setiap orang agar dapat menjadi seorang etrepreneur.
Seorang entrepreneur selalu dianjurkan untuk memiliki pola pikir yang diluar kebiasaan orang pada umumnya. Entrepreneur akan lebih sering menggunakan otak kanan untuk menghasilkan kreativitas-kreativitas baru, selalu memotivasi diri, dan tersenyum dalam segala situasi. Entrepreneur akan melihat masalah sebagai suatu tantangan. Kegagalan yang bukanlah akhir dari segalanya, malah menjadi pembelajaran dan pemicu semangat.
Di luar konteks usaha dan sekedar mencari keuntungan, seorang entrepreneur juga akan selalu berusaha untuk menjalin silaturahmi dengan semua orang, memperkaya ilmu dengan lebih banyak mengamati dan mendengarkan, serta peka terhadap peluang. Entrepreneur akan melihat segala sesuatu dari segi positif, mengubah kata tidak bisa menjadi bisa, sulit menjadi mudah, mustahil menjadi mungkin.
Itulah sebagian ciri pola pikir yang dimiliki oleh seorang Entrepreneur, atau yang lebih kita kenal sebagai Entrepreneurship. Selanjutnya, makalah ini akan mengupas lebih dalam tentang mindset entrepreneurship.




















BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

A.      Definisi Enterpreneur dan Enterpreneurship
Entrepreneur berasal dari bahasa Perancis dan pertama kali diperkenalkan pada awal abad ke-18 oleh ekonom Perancis, Richard Cantillon.Menurutnya, entrepreneur adalah “agent who buys means of production at certain prices in order to combine them”.
Sementara entrepreneurship bahasa inggris sendiri didefinisikan sebagaithe art or science of innovation and risk-taking for profit in business, atau dapat diartikan sebagai suatu seni atau ilmu tentang inovasi dan pengambilan keputusan untuk meraih keuntungan dalam bisnis.
Lloyd E. Shefsky, dalam bukunya yang berjudul "Entrepreneurs are Made Not Born", mendefinisikan bahwa wiraswasta terdiri dari tiga suku kata, yaitu: entre, pre, dan neur. Menurut akar Bahasa Latinnya, entre berarti masuk, pre berarti sebelum, dan neur berarti pusat syaraf. Jadi, wiraswasta didefinisikan sebagai seseorang yang memasuki dunia bisnis —bisnis apa saja—tepat pada waktunya untuk membentuk atau mengubah pusat syaraf (nerve center) bisnis tersebut secara substansial. 
Dalam bahasa indonesia terdapat dua terjemahan untuk kata entrepreneur, yaitu wiraswastadanwirausaha. Wiraswasta atau wirausaha berasal dari bahasa sanskerta yaitu; wira: utama, gagah berani, luhur; swa: sendiri; sta: berdiri; usaha: kegiatan produktif. Dari asal kata tersebut, wiraswasta pada mulanya ditujukan pada orang-orang yang dapat berdiri sendiri.
Di Indonesia kata wiraswasta sering diartikan sebagai orang-orang yang tidak bekerja pada sektor pemerintah yaitu; para pedagang, pengusaha, dan orang-orang yang bekerja di perusahaan swasta, sedangkan wirausahawan adalah orang-orang yang mempunyai usaha sendiri.
Lantas, usaha merupakan semua aktivitas yang mencari keuntungan dengan mengusahakan kebutuhan barang dan jasa kepada orang lain (Nickles, McHugh, dan McHugh, 1996).
Definisi-definisi lain dari para ahli tentang kewirausahaan adalah menurut Hisrich, Peters, dan Sheperd (2008): “Kewirausahaan adalah proses penciptaan sesuatu yang baru pada nilai menggunakan waktu dan upaya yang diperlukan, menanggung risiko keuangan, fisik, serta risiko sosial yang mengiringi, menerima imbalan moneter yang dihasilkan, sertra kepuasan dan kebebasan pribadi”.
Serta Nasrullah Yusuf (2006): “Wirausaha usaha merupakan pengambilan risiko untuk menjalankan usaha sendiri dengan memanfaatkan peluang-peluang untuk menciptakan usaha baru atau dengan pendekatan yang inovatif sehingga usaha yang dikelola berkembang menjadi besar dan mandiri dalam menghadapi tantangan- tantangan persaingan.”
Menurut Dan Steinhoff dan John F. Burgess (1993:35) wirausaha adalah orang yang mengorganisir, mengelola dan berani menanggung resiko untuk menciptakan usaha baru dan peluang berusaha. Secara esensi pengertian entrepreneurship adalah suatu sikap mental, pandangan, wawasan serta pola pikir dan pola tindak seseorang terhadap tugas-tugas yang menjadi tanggungjawabnya dan selalu berorientasi kepada pelanggan. Atau dapat juga diartikan sebagai semua tindakan dari seseorang yang mampu memberi nilaiterhadap tugas dan tanggungjawabnya.  Adapun kewirausahaan merupakan sikap mental dan sifat jiwa yang selalu aktif dalam berusaha untuk memajukan karya baktinya  dalam  rangka  upaya  meningkatkan pendapatan di dalam kegiatan usahanya. Selain itu, kewirausahan adalah kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat, dan sumber daya untuk mencari peluang menuju  sukses.
Inti  dari  kewirausahaan  adalah  kemampuan untuk menciptakan seuatu yang baru dan berbeda (create new and different) melaui berpikir kreatif dan bertindak inovatif untuk menciptakan peluang dalam menghadapi tantangan hidup. Pada  hakekatnya, kewirausahaan adalah sifat, ciri, dan watak seseorang yang memiliki kemauan  dalam  mewujudkan  gagasan inovatif  kedalam  dunia  nyata secara kreatif.
Wirausahawan adalah sosok independen,  orang yang mampu berdiri sendiri dan berani membuka kegiatan produktif. Ia tidaklah bergantung pada suatu perusahaan maupun pemerintah, melainkan membangun perusahaannya sendiri.
Seseorang yang memiliki usaha sendiri tidak menggantungkan penghasilan dan kehidupannya kepada orang lain, dari sanalah ia bisa dikatakan mandiri secara finansial. Namun, meski mereka mandiri bukan berarti seorang wirausaha serta-merta mengandalkan dirinya sendiri dalam mengembangkan usahanya. Hal itu disebabkan seorang wirausaha perlu membuka jaringan (networking) dengan orang-orang disekitarnya. Ia perlu berinteraksi dan bersosialisasi dengan banyak orang untuk untuk menjaring pasar dan konsumen. Dengan kata lain, ia menambah relasi/rekanan agar bisnisnya cepat berkembang. Tidak hanya sebagai wadah pemasaran produk, memiliki kenalan yang luas juga akan mempermudah wirausaha untuk mencari tambahan modal, serta lebih cepat mendapatkan informasi terbaru yang bisa digunakan untuk inovasi produknya. Di sisi lain, ketika usahanya bertambah besar, ia tentunya membutuhkan tenaga kerja untuk membantu memenuhi permintaan atas produknya. Dengan kata lain, kemandirian yang dimiliki pengusaha adalah kemandirian atas kepemilikan, pengambilan keputusan dan penghasilan. Dimana atas kemandirian tersebut ia juga akan dibebani dengan tanggung jawab terutama atas keputusan bisnis yang diambilnya. Hal ini tidak lain karena dunia bisnis adalah dunia yang penuh resiko, seringkali besar kecilnya resiko berbanding lurus dengan harapan keuntungan yang diperoleh. Dalam mengambil keputusan wirausaha harus mempertimbangkan banyak aspek, karena tidak hanya dia dan keuangannya yang dipertaruhkan melainkan juga orang-orang yang bekerja padanya.
Seperti yang diutarakan Kao (1989), secara umum posisi wirausahawan adalah menempatkan dirinya terhadap risiko atas guncangan-guncangan dari perusahaan yang dibangunnya (venture). Wirausahawan memiliki risiko atas finansialnya sendiri atau finansial orang lain yang dipercayakan kepadanya dalam memulai suatu. Ia juga berisiko atas keteledoran dan kegagalan usahanya.




B.       Konsep Kewirausahaan
Sedangkan menurut Josep Schumpeter, Konsep wirausaha secara lengkap dikemukakan sebagai orang yang mendobrak sistem ekonomi yang ada dengan memperkenalkan barang dan jasa yang baru, dengan menciptakan bentuk organisasi baru atau mengolah bahan baku baru. Orang tersebut melakukan kegiatannya melalui organisasi bisnis yang baru atau pun yang telah ada.
1.         Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan dasar sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses, dan hasil bisnis (Acmad Sanusi, 1994).
2.         Kewirausahaan adalah suatu kemampuan untuk  menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (ability to create the new and different) (Drucker, 1959).
3.         Kewirausahaan adalah suatu proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan (Zimmerer. 1996).
4.         Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diperlukan untuk memulai suatu usaha (start-up phase) dan perkembangan usaha (venture growth) (Soeharto Prawiro, 1997).
5.         Kewirausahaan adalah suatu proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru (creative), dan sesuatu yang berbeda (inovative) yang bermanfaat memberi nilai lebih.

Kewirausahaan  adalah  usaha  menciptakan  nilai  tambah  dengan jalan  mengkombinasikan sumber-sumber melaui  cara-cara  baru dan berbeda untuk memenangkan persaingan. Nilai tambah tersebut dapat diciptakan dengan cara mengembangkan teknologi baru, menemukan pengetahuan baru, menemukan cara baru untuk menghasilkan barang dan jasa yang baru yang lebih efisien, memperbaiki produk dan jasa yang sudah ada, dan menemukan cara baru untuk memberikan kepuasan kepada konsumen.
Berdasarkan keenam konsep diatas, secara ringkas kewirausahaan dapat  didefinisikan  sebagai  sesuatu  kemampuan  kreatif dan inovatif (create  new  and  different)  yang  dijadikan  kiat,  dasar,  sumber  daya, proses dan perjuangan untuk menciptakan nilai tambah barang dan jasa yang  dilakukan dengan keberanian untuk menghadapi risiko. Dari  segi  karakteristik  perilaku, Wirausaha  (entepreneur)  adalah mereka yang mendirikan, mengelola, mengembangkan, dan melembagakan perusahaan miliknya sendiri. Wirausaha adalah mereka yang bisa menciptakan kerja  bagi orang  lain  dengan  berswadaya. Definisi  ini mengandung asumsi bahwa setiap orang yang mempunyai kemampuan normal, bisa menjadi wirausaha asal mau dan mempunyai  kesempatan untuk belajar dan berusaha.

C.       Unsur Kewirausahaan
Berwirausaha melibatkan dua unsur pokok (1) peluang dan, (2) kemampuan menanggapi peluang. Berdasarkan hal tersebut, maka definisi kewirausahaan adalah tanggapan terhadap peluang usaha  yang terungkap dalam seperangkat tindakan serta membuahkan  hasil berupa  organisasi  usaha yang melembaga,  produktif dan inovatif.” (Pekerti, 1997).
Menurut David (1996) karakteristik yang dimiliki oleh seorang wirausaha memenuhi syarat- syarat keunggulan bersaing bagi suatu perusahaan/organisasi, seperti inovatif, kreatif, adaptif, dinamik, kemampuan berintegrasi, kemampuan mengambil risiko  atas  keputusan yang dibuat, integritas, daya-juang, dan kode etik niscaya mewujudkan efektivitas perusahaan/organisasi.












BAB III
PEMBAHASAN

A.      Mindset Entrepreneur
Dalam memulai usaha dibutuhkan dua faktor penting, yang pertama skill dan yang kedua adalah mindset entrepreneur. Dari faktor itulah, mengapa adanya mindset entrepreneur sangatlah penting dalam menjalankan bisnis. Sebab dengan mindset entrepreneur, seseorang akan termotivasi untuk selalu produktif dan melakukan inovasi-inovasi baru untuk menciptakan peluang usaha yang menguntungkan.
Mindset is A fixed mental attitude or disposition that predetermines a person’s responses to and interpretations of situations.
Jika definisi tersebut dikaitkan dengan bidang bisnis, maka tingkah laku atau karakter mental yang dimaksud adalah bagaimana respons dan interpretasinya terhadap ide dan kegiatan wiraswasta yang penuh spekulasi dan melibatkan resiko untung-rugi.
Definisi Mindset Enterpreneuradalah kerangka berpikir seseorang yang beorientasikan entrepreneurial, lebih memilih untuk menjalani ketidakpastian daripada menghindarinya, melihat segala sesuatu lebih sederhana daripada orang lain, dan mau belajar yangberresiko (McGrath & MacMillan, 2000: 2).
Atau dalam sumber lain, entrepreneurship is a particular type of mindset, a unique way of looking at the world….At the heart of entrepreneurship lies the desire to achieve, the passion to create, the yearning for freedom, the drive for independence, and the embodiment of entrepreneurial visions and dreams through tireless hard work, calculated risk-taking, continuous innovation, and undying perseverance (Ma & Tan, 2006).
Mindset atau cara berpikir yang dibutuhkan seorang wirausaha sangat bervariasi dan berbeda pendapat oleh sebagian ahli. Namun penyusun melihat perbedaan ini bukan diartikan salah satu pendapat salah, hanya saja tergantung masing-masing individu ia lebih nyaman dan cocok menggunakan mindset seperti apa. Karena inti dari segala mindset seorang pengusaha berakar dari kegigihan, ketekunan, dan pantang menyerah.
Tujuh mindset wirausaha menurut McGraith & Mac Millan, yaitu:
1.         Action Oriented. Wirausaha bukanlah seorang yang hanya bergelut dengan pikiran, merenung atau menguji hipotesis, suka menunda-nunda, wait and see, atau membiarkan sesuatu (kesempatan) berlalu begitu saja. Prinsip yang mereka anut adalah see and do. Bagi mereka, risiko bukanlah untuk dihindari, melainkan untuk dihadapi dan ditaklukkan.
2.         Fokus pada eksekusi. “Manusia dengan entrepreneurial mindset mengeksekusi, yaitu melakukan tindakan dan merealisasikan apa yang dipikirkan daripada menganalisis ide-ide baru sampai mati” (McGraith dan Mac Millan, 2000, hlm.3).
3.         Berpikir simpel. Merka bukanlah manusia yang ribet. Mereka melihat persoalan dengan jernih dan menyelesaikan masalah satu demi satu secara bertahap.
4.         Senantiasaberkreasi, mencari alternatif dan peluang baru. Karena bagi mereka meraih keuntungan dengan menjaring pembeli tidak hanya dapat dilakukan dengan menjalani bisnis baru atau menjual produk berbeda, melainkan juga dapat dilakukan dengan mengembangkan cara-cara penjualan yang inovatif. Mereka selalu mau belajar hal baru,open-minded dan terbuka terhadap cara-cara baru.
5.         Memiliki integritas dalam mengejar peluang bisnis. Wirausahaan memerlukan pola pikir dimana peluang bukan hanya dicari, melainkan diciptakan dan dibuka. Karena wirausaha merupakan tempat investasi dan penuh resiko, maka seorang wirausaha harus memiliki integritas dan disiplin yang tinggi terhadap apa yang sedang ia kerjakan. Wirausahawan yang sukses bukanlah pemalas atau penunda pekerjaan. Mereka ingin pekerjaannya lekas beres dan apa yang dipikirkan dapat dijalankan segera. Waktu amatlah berharga bagi mereka karena apa yang menjadi peluang pada suatu waktu, belum tentu masih menjadi peluang di lain waktu. Sekali kesempatan itu hilang, belum tentu akan kembali lagi.
6.         Mengambil peluang yang terbaik, paling potensial dan menjanjikan. Apakah bisnis tersebut dinilai mampu memberikan keuntungan yang besar dan dapat dikembangkan sesuai dengan keinginan pasar ke depan. Mereka sangat adaptif sehingga mampu melakukan perubahan arah mengikuti peluang paling potensial dan terus mencari cara terbaik untuk mewujudkannya.
7.         Pandai bersosialisasi dan membangun jaringan.Ia cenderung melibatkan kemampuan orang lain dalam mewujudkan peluang, baik dari dalam maupun dari luar organisasi. Mereka menciptakan dan menjaga relasi hubungan dengan partner daripada bekerja sendirian. Mereka memanfaatkan kemampuan dan intelektual orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Untuk itu, dia harus memiliki kemampuan mengumpulkan orang, membangun jaringan, memimpin, menyatukan gerak, memotivasi, dan berkomunikasi.
Sementara menurut, Dr.Beni Bevly, seorang bussiness dan leadership expert dalam sebuah artikel beliau di www.batampos.co.id. Ia memberikan beberapa ciri mindset wirausahawan sebagai berikut:
1.      Meyakini keuntungan dan kekayaan adalah suatu berkat. Dengan keuntungan dan kekayaan, seorang pebisnis bukan hanya bisa memenuhi kebutuhannya sendiri dan menjadi mandiri, tetapi ia akan bisa membantu orang atau pihak lain.Seperti dengan menciptakan lapangan pekerjaan, membayar pajak negara, memberikan pelayanan dan memenuhi kebutuhan pelanggan melalui produknya. Dengan kekayaan dan keuntungannya juga, seorang pebisnis akan mampu membeli dan mengkonsumsi produk dari pebisnis lain yang pada akhirnya mendorong agar roda perekonomian negara tetap berjalan.
2.      Menyadari bahwa setiap transaksi dan kegiatan bisnis mempunyai resiko rugi. Rugi dan juga untung merupakan bagian dari setiap transaksi bisnis. Jangan membiarkan ketakutan akan kerugian menghalangi keinginan untuk terjun dalam bisnis. Supaya bisa sukses menjadi seorang entrepreneur, hasrat untuk sukses itu sendiri harus lebih besar dari ketakutan akan kegagalan. Sebelum memulai suatu kegiatan yang berkaitan dengan bisnis, pertimbangkanlah secara matang apa saja resiko kerugian dan keuntungan yang akan terjadi.
3.      Memberikan pelayanan, meningkatkan dan menciptakan produk dan jasa yang terbaik untuk pelanggan. Keuntungan akan mengalir masuk jika pebisnis memberikan pelayanan, meningkatkan dan menciptakan produk dan jasa sebaik mungkin sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Dengan palayanan premium seperti ini, pebisnis bisa menentukan harga premium pula.
4.      Melakukan perbaikan dan inovasi terus menerus. Untuk mengimbangi pesaing dan perkembangan teknologi yang sangat pesat dalam dekade ini, pebisnis perlu menerapkan mindset untuk melakukan continuing improvement dan inovasi tanpa henti. Dengan kata lain pebisnis dituntut untuk selalu kreatif dan responsif dalam melihat alternatif dan peluang pasar.
5.      Seperti telah disinggung di poin sebelumnya, pengusaha perlu bertindak secara kreatif, berani terbuka untuk menerima perubahan dan sekaligus menjadi agent of change bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Karena itu, entrepreneur-entrepreneur yang sukses dan dengan mental ini, seringkali mampu menjadi katalisator perekonomian suatu Negara yaitu orang yang menjadi penyebab terjadinya perubahan dan menimbulkan kejadian baru atau mempercepat suatu peristiwa.

B.       Mengembangkan Mindset Positif Wirausaha
Seorang wirausahawan juga perlu mengembangkan mindset positif. Karena mindset positif akan memberikan motivasi hidup yang kuat untuk mencapai sesuatu, tidak mudah menyerah, lebih mensyukuri hidup, dan tentu saja lebih bahagia. Seorang dengan mindset postifi mampu mengembangkan dirinya, berpikir secara luas dan dalam, lebih fokus serta lebih menikmati hidupnya. Perasaan dan cara berpikir semacam ini akan sangat kondusif bagi datangnya kreatifitas, inovasi, dan lebih dari itu juga akan lebih mudah membangun semangat serta kegigihan dalam menjalani usaha. Lagipula, seperti telah disinggung diatas dunia usaha penuh dengan resiko, maka tidaklah mungkin seorang pengusaha dengan mindset negatif mampu membaca peluang dan mengambil resiko tersebut. Alasan lainnya mengapa harus memiliki mindset positif adalah:
1.      Mindset positif merupakan bentuk rasa percaya diri pada kualitas diri yang Anda miliki. Yakin dengan potensi yang kita miliki merupakan modal awal Anda untuk membangun motivasi dalam hidup.
2.      Mindset positifakan membuat Anda lebih fokus dalam mencapai tujuan. Jangan sibuk memikirkan omongan-omongan negatif orang lain. Mendengarkan ucapan-ucapan negatif dari orang lain akan melemahkan semangat kita untuk sukses. Berpikirlah positif dan yakinlah bahwa Anda mampu menghadapi apapun rintangan di tengah jalan menuju sukses.
3.      Mindset positif adalah kunci sukses. Keyakinan untuk bisa menjadi baik sesuai dengan apa yang ada dalam konsep pemikiran Anda akan mendorong diri melakukan usaha yang lebih maksimal untuk meraih sukses. Konsep pemikiran menjadi penggerak langkah dalam hidup.
Bila perlu lakukanlah hal-hal berikut untuk membantu mengembangkan mindset positif, seperti:
1.      Pertama, lihatlah potensi diri Anda. Buat daftar potensi yang Anda punya, kemudian kembangkan semua potensi yang ada, untuk menciptakan inovasi baru.
2.      Kedua, belajarlah dari kisah para pengusaha sukses yang sudah berhasil mengembangkan bisnisnya dari nol. Dengan begitu Anda akan terinspirasi dan termotivasi untuk mengikuti jejak kesuksesan mereka dalam menjalankan bisnis.
3.      Ketiga, ikuti pelatihan, seminar atau sharing bisnis yang bisa membantu Anda mengetahui segala kelebihan dan kekurangan sumber daya, yang bisa Anda jadikan sebagai prospek bisnis. Bila perlu, lakukan kunjungan langsung untuk melihat proses operasional sebuah usaha. Dan yang paling utama dari ketiga langkah tersebut adalah Anda harus tetap “Action!”, karena tanpa action, maka mimpi kita tentu tidaklah akan menjadi sebuah kenyataan.
Selain mindset bisnis positif di atas yang perlu diterapkan, pebisnis perlu menghindari mindset negatif yang akan mempengaruhi keberlanjutan suatu bisnis, yaitu:
Pertama, hindarkan pandangan bahwa mencari keuntungan dan kekayaan adalah sebagai sifat rakus. Memang ada pihak yang tidak bertanggung jawab mengumpulkan keuntungan dan kekayaan dengan cara yang tidak etis dan tidak jujur. Tetapi hal ini tidak berarti bahwa semua keuntungan dan kekayaan adalah suatu hal yang buruk.
Kedua, hindarkan anggapan bahwa mengambil, mencuri, korupsi dan merampok dari orang kaya adalah wajar. Mindset seperti ini tidak akan membawa kesejahteraan bagi komunitas dan negara, malah akan menciptakan kekacauan sosial.
Ketiga, jangan menuntut pembayaran sebelum memberi pelayanan atau dari pelayanan yang buruk. Mindset seperti ini tidak akan menciptakan pelanggan yang setia. Kita harus mampu membangun pemikiran positif, sehingga energi yang kita miliki dapat digunakan seutuhnya untuk meraih kesuksesan.

C.       Karakter dan Ciri Wirausaha
Indikator ketercapaian mindset diatas dapat ditunjukkan dengan terbentuknya karakter wirausaha sebagai berikut:
1.      Memiliki Kreatifitas Tinggi
Menurut Teodore Levit, kreativitas adalah kemampuan untuk berfikir yang baru dan berbeda.Oleh karena itu, kreativitas adalah menciptakan sesuatu dari yang asalnya tidak ada (generating something from nothing). Kreatifitas akan memunculkan ide dan inovasi-inovasi baru yang dapat digunakan untuk memperbaiki, mengevaluasi, serta mengembangkan usaha yang sedang digeluti.
2.      Selalu Komitmen dalam Pekerjaan
Komitmen membuat seseorang berdisiplin dengan apa yang dikerjakan, penuh integritas dan tetap bersemangat. Wirausaha yang baik akan gigih dan ulet menjalani usahanya, tetap bekerja keras dan memiliki tekad yang bulat untuk meraih kesuksesan. Komitmen akan membuatnya bertahan menghadapi berbagai masalah, tetap bertahan dalam guncangan, dan tekun menjalani usahanya.
3.      Mandiri atau Tidak Ketergantungan
Seorang wirausaha pastilah membuka suatu bisnis sesuai dengan yang ia ingin dan kehendaki. Mulai dari konsep hingga pemasaran, ia-lah yang bertanggung jawab dan memegang peranan pokok. Ia ada di puncak kepemimpinan dan pengambil keputusan. Kemandirian ini mutlak dimiliki seorang wirausaha, terlebih yang merintis usahanya dari bawah. Mereka yang merintis usaha dalam keadaan mapan dan nyaman pun, cepat lambat harus mempelajari sikap ini agar mampu menjalankan usaha secara independen.
4.      Berani Menghadapi Risiko dan Bertanggung Jawab
Kemauan dan kemampuan untuk mengambil risiko merupakan salah satu nilai utama dalam kewirausahaan. Wirausaha yang tidak mau mengambil risiko akan sukar memulai atau berinisiatif. Dunia usaha itu sendiri penuh dengan resiko sejalan dengan peluang yang disuguhkan. Berbeda dengan mereka yang enggan mengambil resiko dan keluar dari zona nyamannya, wirausahawan justru harus memiliki keberanian untuk mencoba sesuatu yang baru, membuka peluang, dan mengambil resiko dalam setiap kegiatan usahanya. Namun pengambilan resiko yang dilakukan wirausaha juga disertai tanggung jawab, dimana ia sudah mempertimbangkan baik-buruk dan untung-rugi serta alternatif dari setiap keputusan, ia juga telah siap menganggung akibat dari keputusannya
5.      Motif Berprestasi Tinggi
Menurut Gede AngganSuhanda (dalam Suryana, 2003: 32) Motif berprestasi ialah suatu nilai sosial yang menekankan pada hasrat untuk mencapai yang terbaikguna mencapai kepuasan secara pribadi. Kebutuhan berprestasi wirausaha terlihat dalam bentuk tindakan untuk melakukan sesuatu yang lebih baik dan lebih efisien dibandingkan sebelumnya, atau untuk terus berinovasi untuk menghasilkan produk yang terbaik.
6.      Memiliki Jiwa Kepemimpinan
Seorang wirausaha selalu memiliki sifat kepemimpinan, kepeloporan dan keteladanan. Ia selalu ingin tampil berbeda, Dengan menggunakan kemampuan kreativitas dan inovasi, ia selalu menampilkan barang dan jasa-jasa yang dihasilkanya lebih cepat, lebih dahulu dan segera berada dipasar.
7.      Memiliki Kemampuan Manajerial
Salah satu jiwa kewirausahaan yang harus dimiliki seorang wirausaha adalah kemampuan untuk memanagerial usaha yang sedang digelutinya, seorang wirausaha harus memiliki kemampuan  perencanaan usaha, mengorganisasikan usaha, visualisasikan usaha, mengelola usaha dan sumber daya manusia, mengontrol usaha, maupun kemampuan mengintergrasikan operasi perusahaanya.
Selanjutnya dapat digambarkan beberapa karakteristik dari wirausahaan yang berhasil memiliki sifat-sifat yang dikenal dengan istilah 10 D (Bygrave, 1994:5)
1.    Dream
Seorang wirausaha mempunyai visi bagaimana keinginannya terhadap masa depan pribadi dan bisnisnya dan yang paling penting adalah dia mempunyai kemampuan untuk mewujudkan impiannya tersebut. 
2.    Decisiveness
Seorang wirausaha adalah orang yang tidak bekerja lambat. Mereka membuat keputusan secara cepat dengan penuh perhitungan. Kecepatan dan ketepatan dia mengambil keputusan adalah merupakan faktor kunci (key factor) dalan kesuksesan bisnisnya.
3.    Doers
Begitu seorang wirausaha membuat keputusan maka dia langsung menindak lanjutinya. Mereka melak-sanakan kegiatannya secepat mungkin yang dia sanggup artinya seorang wirausaha tidak mau menunda-nunda kesempatan yang dapat di-manfaatkan.

4.    Determination
Seorang wirausaha melaksanakan kegiatannya dengan penuh perhatian. Rasa tanggung jawabnya tinggi dan tidak mau menyerah, walaupun dia dihadapkan pada halangan atau rintangan yang tidak mungkin diatasi.
5.    Dedication
Dedikasi seorang wirausaha terhadap bisnisnya sangat tinggi, kadang-kadang dia mengorbankan hubungan kekeluargaan, melupakan hubungan dengan keluarganya untuk sementara. Mereka bekerja tidak mengenal lelah, 12 jam sehari atau 7 had dalam seminggu. Semua perhatian dan kegiatannya dipusatkan semata-mata untuk kegiatan bisnisnya. 
6.    Devotion
Devotion berarti kegemaran atau kegila-gilaan. Demikian seorang wirausaha mencintai pekerjaan bisnisnya dia mencintai pekerjaan dan produk yang dihasilkannya. Hal inilah yang mendorong dia mencapai keberhasilan yang sangat efektif untuk menjual produk yang ditawarkannya.
7.    Details
Seorang wirausaha sangat memperhatikan faktor-faktor kritis secara rinci. Dia tidak mau mengabaikan faktor-faktor kecil tertentu yang dapat menghambat kegiatan usahanya. 
8.    Destiny
Seorang wirausaha bertanggung jawab terhadap nasib dan tujuan yang hendak dicapainya. Dia merupakan orang yang bebas dan tidak mau tergantung kepada orang lain.
9.    Dollars
Wirausahaan tidak sangat mengutamakan mencapai kekayaan. Motivasinya bukan memperoleh uang. Akan tetapi uang dianggap sebagai ukuran kesuksesan bisnisnya. Mereka berasumsi jika mereka sukses berbisnis maka mereka pantas mendapat laba/bonus/ hadiah. 
10.     Distribute
Seorang wirausaha bersedia mendistribusikan kepemilikan bisnisnya terhadap orang-orang kepercayaannya. Orang-orang kepercayaan ini adalah orang-orang yang kritis dan mau diajak untuk mencapai sukses dalam bidang bisnis.


D.      Sikap Entrepreneur
Di lain pihak, menurut McGrath & MacMillan, dalam mengelola entrepreneurial mindset dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi, wirausahawan sebaiknya juga mengembangkan sikap sebagai berikut:
1.      Develop insight into the customers behavioral context. Seorang entrepreneur tidak harus memiliki produk yang revolusioner, yang lebih dibutuhkan adalah pemikiran revolusioner ke dalam suatu konteks kehidupan pelanggan, menciptakan ide yang mampu menjadi jawaban bagi masalah utama pelanggan dalam konteks tersebut. .
2.      In an entrepreneurial mindset, everybody plays”. Tindakan menyertakan orang lain dalam kegiatan entrepreneurial merupakan proses yang penting. Ide beberapa orang yang dilebur menjadi satu akan memberikan hasil yang lebih baik daripada pemikiran satu orang saja. Seorang entrepreneur akan belajar banyak hal mengenai team building dan leadership jika ide ini diterapkan.
3.      Doing experiment intelligently” Saat ini perumusan strategi bisnis yang dilakukan oleh entrepreneur lebih berdasarkan eksperimen dan trial-error daripada analisis dan forecasting. Eksperimen merupakan tindakan nyata untuk memilih dan memulai proyek ide secara nyata namun dalam skala yang masih kecil, berbeda dengan analisis dan forecasting yang hanya merupakan perencanaan. Entrepreneur tidak takut terhadap kegagalan, namun demikian resiko yang akan diterima harus diperhitungkan dengan matang, agar kegagalan yang akan terjadi dapat diminimalisasi.
4.      “Spend imagination instead of money”. Upaya yang perlu dilakukan seseorang untuk terus mengembangkan entrepreneurial mindset-nya adalah secara rutin menggunakan waktu-waktu tertentu untuk berimajinasi dan berkreasi supaya ide-ide baru muncul. Ide tersebut tidak selalu mengenai pengembangan produk, tetapi juga hal-hal yang berkaitan dengan operasional dan promosi pemasaran. Ide tersebut yang pasti akan menjadikan venture semakin efektif dan efisien kinerjanya. Untuk berhasil, entrepreneur lebih bergantung pada imajinasi idenya daripada besaran nominal uang yang dimiliki.
5.      “Framing is crucial to the entrepreneurial leader”. Tanpa kerangka kerja yang jelas, semua orang akan terjebak dalam ketidakpastian. Seorang yang memiliki entrepreneurial mindset mampu menyediakan kerangka sistem pekerjaan yang jelas bagi semua orang yang bekerja bersamanya. Dengan demikian, setiap orang akan mampu bekerja dengan efektif dan menghadapi tantangan ke depan yang lebih pasti.
6.      “Be ruthless with respect to priorities”. Bersikap kejam pada karyawan dengan membebani tugas berlebihan agar dapat mencapai sasaran yang ditetapkan dengan waktu yang lebih cepat, bukanlah cara pikir seorang entrepreneur. Melakukan sesuatu hal yang melebihi kemampuan diri sendiri akan menjadi beban, akibatnya bukan terjadi peningkatan malainkan penurunan. Seorang entrepreneur harus mampu memilah tugas, mana yang perlu atau tidak untuk dilakukan, mana yang sifatnya segera atau dapat ditunda.
7.      “Using measures early on is better than using precise ones too late”. Entrepreneurial mindset dapat terus dikembangkan dengan cara menggunakan ukuran atau batasan untuk setiap persoalan. Forewarning adalah warning sign bagi suatu masalah yang belum terlalu sulit untuk diatasi. Beberapa standar harus ditetapkan terlebih dulu oleh seorang entrepreneur untuk memastikan kualitas pekerjaan dan produk yang dihasilkan. Dengan cara demikian, perusahaan dapat tampil lebih baik dari kompetitor.
8.      “Pay attention to the cost of failure”. Tidak ada seorang pun entrepreneur di dunia ini yang tidak pernah mengalami kegagalan. Menurut ahli ekonomi J.M. Keynes, setelah produk atau jasa dijual ke pasar, maka keberhasilan entrepreneur sebagian besar ditentukan oleh mekanisme pasar itu sendiri. Dalam kondisi yang tidak menentu, seorang entrepreneur hanya memiliki kontrol terbatas terhadap kemungkinan terjadinya kegagalan. Bahkan kegagalan merupakan harga yang harus dibayar untuk masuk ke peluang baru berikutnya. Biaya akan kegagalan (cost of failure) tersebut yang masih dapat dikontrol, seorang entrepreneur harus memiliki calculated risk taking mindset. Meminimalisasi biaya kegagalan, bukan meminimalisasi jumlah kegagalan.

Selain sikap di atas, perilaku kebiasaan di bawah ini juga baik dipraktekkan untuk menanamkan mindset entrepreneur:
1.      Jangan berjiwa kuli atau buruh. Artinya jika kita menjadi pegawai kita harus bekerja sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab, atau dengan kata lain bekerja berdasarkan kesadaran akan tanggung jawab bukan karena pengawasan.
2.      Tidak berjiwa konsumtif. Untuk menjadi wirausaha harus dapat menabung dan memiliki asset. Tidak ada usaha yang dapat dengan sukses tampa modal dan menjadi besar tanpa keuntungan.
3.      Belajar menghitung risiko dalam menghadapi risiko. Setiap keputusan yang diambil harus telah di perhitungkan dengan matang.
4.      Hilangkan kebiasaan berkelit dari permasalahan dengan cara berdalih atau membuat alasan.
5.      Jangan cepat berpuas diri dan lupa diri karena merasa sukses.
6.      Jangan cepat berputus asa karena setiap kesulitan selalu ada jalan keluarnya.
7.      Belajar memenuhi komitmen, jangan mudah mengumbar janji tanpa bukti. Janji adalah utang yang harus dibayar.
8.      Selalu   menjaga   reputasi   diri. Nama baik sangat penting bagi seorang wirausaha, kepercayaan adalah salah satu hal utama dalam menjalankan usaha.
9.      Selalu memperluas wawasan dan belajar.
10.  Memperluas   dan   memelihara   jaringan.
11.  Berusaha  untuk  selalu berinteraksi  dengan  pihak  lain dengan pola saling menguntungkan.
12.  Biasakan bekerja dalam team work, solusi yang didapat tidak akan lebih baik dari solesi yang dihasilkan oleh sebuah team.
13.  Belajar   melayani  dan menghargai  orang   lain   dengan   sebaik- baiknya.
14.  Belajar mengelola stres agar terbiasa dan memiliki kesiapan mental dalam menghadapi tekanan-tekanan, masalah, atau beban hidup dengan cara berpikir untuk mencari jalan keluar. 
15.  Belajar bertindak disiplin, cermat, akurat, dan terencana.
16.  Miliki   kesadaran   dan   kemampuan   memelihara   serta merawat aset, baik aset milik sendiri, perusahaan, instansi, bahkan milik publik. 
17.  Belajar menjadi orang yang inovatif dan kreatif. 
18.  Percaya diri. Kepercayaan diri sangat penting dalam menjalankan usaha sehingga berani dalam mengambil keputusan.
19.  Jadilah orang yang memiliki sikap susila dan sopan santun dalam  kehidupan sehari-hari, menghargai orang lain tidak memandang status sosial.
20.  Kalau Anda merasa tidak kerasan, tidak cocok, tidak puas, atau mentok dalam karir sebagai pegawai, masih ada alternatif lain dalam mencari nafkah, yaitu menjadi wiraswasta sejati. Jangan ragu dan takut, lakukanlah.
Intinya, jadilah orang yang yakin dengan potensi diri sendiri. Karena jika kita sendiri ragu dengan potensi yang kita miliki, lalu bagaimana dengan orang lain? Bangunlah rasa percaya diri dan jangan indahkan kata-kata negatif dari orang lain. Anggaplah semua itu sebagai pacu untuk menjadi lebih baik, bukan tekanan yang membuat kita melemah dan merasa kecil.























DAFTAR PUSTAKA

Bevlevy, Beni. 2013. Entrepreneurship Mindset. Diakses pada tanggal 2 Maret 2013 dari http://batampos.co.id/21-09-2013/entrepreneurship-mindset.
Fitri, Khana. 2013. Cara Membentuk Mindset Entrepreneur. Diakses pada tanggal 2 Maret 2014 dari http://ekonomi.kompasiana.com/wirausaha/2013/10/05/cara-membentuk-mindset-entrepreneur-598858.html
Kasali, Rhenald, et. all. 2010. Modul Kewirausahaan untuk Program Strata 1. Jakarta Selatan: PT Mizan Publika.
Purwanto. 2006. Diktat Pengantar Kewirausahaan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarya.
Roziqin, Miftahur. 2011. Entrepreneurship Adalah Sebuah Mindset. Diakses pada tanggal 2 Maret 2013 dari http://miftahur.com/entrepreneurship-adalah-sebuah-mindset.
Wahyudi, Sandi. Tanpa tahun. Entrepreneurial Mindset. Diakses pada tanggal 2 Maret 2013 dari http://ml.scribd.com/doc/35176101/Entrepreneurial-Mindset.
Buku dan Materi Kuliah Kewirausahaan (2014). Diakses pada tanggal 2 Maret 2013 dari http://rzabdulaziz.wordpress.com/2014/02/06/buku-dan-materi-kuliah-kewirausahaan-enterpreneurship.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar